Peranan Sistem Akuntansi Dalam Menunjang Struktur Pengendalian Intern Atas Kredit Produktif (Studi Kasus Pada Pd. Bpr Bkpd Ciawi - Kabupaten Tasikmalaya)

Erik Kartiko

Abstrak


Salah satu tujuan pembangunan perekonomian nasional adalah menciptakan pemerataan kesejahteraan rakyat serta pemerataan hasil pembangunan. Untuk meningkatkan penghasilan dan memperluas bidang usaha masyarakat golongan ekonomi lemah diperlukan berbagai cara untuk meningkatkan keahlian, kesempatan untuk memasarkan hasil produksi, serta memperkuat permodalan termasuk pemberian kredit dari pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan sistem akuntansi dalam struktur pengendalian intern atas kredit produktif yang dijalankan oleh PD. BPR BKPD Ciawi, kabupaten Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengumpulkan data primer berupa data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan (field research) serta data sekunder berupa pengetahuan teoritis yang diperoleh melalui kepustakaan (library research).
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi pada PD. BPR BKPD Ciawi- kabupaten Tasikmalaya telah dilakukan melalui pengadaan dokumentasi/formulir dan pencatatan lainnya seperti jurnal, buku besar, buku pembantu serta laporan yang memadai atas kredit produktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi pada PD. BPR BKPD Ciawi- kabupaten Tasikmalaya sangat berperan dalam menunjang struktur pengendalian intern atas kredit produktif pada perusahaan tersebut.

Teks Lengkap:

COVER DOWNLOAD (PDF) LOA

Referensi


Arens Loebbecke. Auditing and Integrated Approach, Seventh Edition. Prentice –Hall Inc. New Jersey.1997

Amir Abadi Jusuf. Arens Loebbecke – Auditing Pendekatan Terpadu (terjemahan). Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta. 1994

C.Rollin Niswonger. Prinsip-Prinsip Akuntansi, Edisi 16. Erlangga. Jakarta. 1994

H.Hadiwidjaja, R.A. Rivai Wirasasmita. Manajemen Dana Bank. Cetakan Pertama. Pionir Jaya. Bandung. 1989

H.Hadiwidjaja. Analisa Kredit. Pionir Jaya. Bandung.1991

Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat. Jakarta. 1995

Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat. Jakarta. 1994

Marianus Sinaga. Josep W.Wilkinson – Sistem Akuntansi dan Informasi (terjemahan). Jilid 1, Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta. 1990

La Midjan. Sistem Informasi Akuntansi I : Pendekatan Manual Praktika Penyusunan Metode dan Prosedur. Edisi 6. Lembaga Informatika Akuntansi. Bandung. 1993

Mulyadi. Sistem Akuntansi, Edisi 3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta. 1993

Muchdarsyah Sinungan. Dasar-Dasar dan Teknik Manajemen Kredit. Bumi Aksara. Jakarta.1991

Thomas Suyatno dkk. Dasar-Dasar Perkreditan, Edisi 3. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 1995


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.