PERSONAL BRANDING YULIA BALTSCHUN SEBAGAI DIET INFLUENCER MELALUI YOUTUBE

Sarah Isabella Silaban, Susanne Dida, Susie Perbawasari

Abstrak


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan personal branding Yulia Baltschun sebagai diet influencer melalui Youtube sesuai dengan kompetensi, standar dan gaya yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki Yulia dalam personal branding- nya adalah Yulia merupakan chef, certified nutritionist dan fitness model. Tujuan Yulia dalam menggunakan Youtube adalah untuk merubah stigma masyarakat tentang diet yang terkesan susah dan mahal. Standar yang diterapkan dalam personal branding-nya dikategorikan kedalam 2 (dua) bagian yaitu standar teknis dan standar praktis. Standar teknis digunakan dalam mengelola akun Youtube, yaitu penerapan komposisi audio visual yang baik. Sedangkan standar praktis yaitu maksimalisasi sosial media untuk berinteraksi dengan audiensnya. Gaya yang dimiliki Yulia dalam personal branding-nya dapat dikategorikan ke dalam 2 (dua) bagian dalam kepribadian dan penampilan. Dalam penampilannya, Yulia memiliki ciri khas kasual dan menarik, dari cara penjelasannya yang menarik sedangkan yang menjadi pembeda dari Yulia adalah metode diet yang mudah dan menyenangkan. Saran penulis dalam penelitian ini adalah Yulia perlu menonjolkan kemampuannya dalam variasi diet yang ia miliki agar lebih dapat diterapkan pada berbagai jenis kalangan dan menambah sumber informasinya mengenai diet melalui jaringannya terhadap sesama diet influencer dan profesional lainnya. Selain keunikan yang ditunjukkan dalam tampilan dirinya, Yulia juga perlu memberikan keunikan dalam berinteraksi dengan audiens-nya.


Kata Kunci: Personal Branding, Diet, Influencer



Abstract
The purpose of this research is to describe personal branding of Yulia Baltschun as a diet influencer in Youtube through conditions such as competencies, standards and styles. The method used in this research is descriptive with qualitative data approach. The data in this research is gained through in depth interviews, literature studies and observations of the subjects. The result of this research is that Yulia Baltschun has competencies to support her personal branding due to the fact that Yulia is currently a chef, certified nutritionist and fitness model in Indonesia which have the ability of performing information about diet. The purpose of using Youtube is to change the society’s stigma about diet. Meanwhile the standards in his personal branding, consist of 2 (two) kinds: technical standards and practical standards. In technical standards, Yulia always put on the effort to maintain her Youtube for conducting good quality. Meanwhile the practical standard of Yulia is maximizing the use of Social Media Engagement with her audiences. While the style of Yulia consists of 2 (two) different aspects: presentations and personality. Yulia has her own signature style of presentation such as the way she speaks with a sense of casual fashion. In personality, Yulia wish to project herself as an effortless figure, what differs him from others diet influencer is an easy and fun diet method. Advices on this research is that Yulia needs to highlight her abilities in the variety of diets she has so that it can be more applied to various types of people and add information about the diet through her network to fellow diet influencers and other professionals. In addition to the uniqueness shown in his appearance, Yulia also needs to provide uniqueness in interacting with her audience.

Keyword: Personal Branding; Diet; Influencer

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Buku

Ardianto, Elvinaro, Bambang Q. Anees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Creswell, John W. 2015. Qualitative Inquiry And Reasearch Design: Choosing Among Five. California: SAGE Publication, Inc.

Djojonegoro, Wardiamn. 1996. Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Luttrell, Regina (2015). Social Media : How To Engage, Share, and Connect, London: Rowman & Littlefield.

Mcnally, David: and Speak, Karl D.2004 Be Your Own Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi

Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwandari, K. 2007. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Soekmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar-Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wasesa, Silih Agung. 2013, Political Branding dan Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal

Apriliana, Chintya Lestari. 2017. Personal Branding Anggota Perempuan DPR RI. Universitas Padjadjaran.

Dwiputra, Gauzan. 2017. Personal Branding AINESS sebagai Blogger Mode Gaya Punk Indonesia. Universitas Padjadjaran.

Handayani, Meliana Trinita. 2017. Personal Branding Arief Muhammad Sebagai Daily Vlogger. Universitas Padjadjaran.

Herring, Susan. 2004. Computer-mediated discourse analysis: an Approach to Researching Online Communities. Indiana University Bloomington:




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.672

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.672.g640

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015