TANGGAPAN PENGUNJUNG KFC BANDUNG TERHADAP PELAKSANAAN KAMPANYE #NOSTRAWMOVEMENT

Shafira Yasmin Nandini, Iriana Bakti, Kokom Komariah

Abstrak


Abstrak

Kampanye Public Relations yang sering dilakukan oleh perusahaan kadang tidak begitu memperhatikan tahapan pelaksanaannya sehingga efek yang terjadi tidak begitu memenuhi harapan. Begitu pula dengan Kampanye #Nostrawmovement yang dilaksanakan oleh KFC Indonesia. Perlu diketahui apakah kampanye tersebut dapat menghasilkan efek pada aspek kognitif, afektif dan konatif pada pengunjung KFC melalui komponen pelaksanaan yaitu komunikator, saluran/media kampanye dan pesan kampanye. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KFC memiliki kredibilitas perusahaan yang baik di mata pengunjung. Saluran atau media yang digunakan dalam Kampanye #Nostrawmovement dinilai kurang komunikatif dan menarik karena elemen-elemen yang ada di dalam poster dan video. Poster kampanye perlu diperbaiki dari segi desain, ukuran dan penempatan karena dinilai kurang menarik dan tidak mudah dibaca sedangkan video kampanye memiliki suara yang tidak terdengar sehingga tidak banyak yang mengetahui video tersebut. Meskipun begitu, pesan yang disampaikan dalam kampanye dinilai baik sehingga dapat dimengerti dan dianggap sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini. Terjadi efek yang berupa perubahan pada aspek kognitif dan afektif pada pengunjung akan Kampanye #Nostrawmovement, penggunaan sedotan plastik dan kebersihan lingkungan. Pada aspek konatif, pengunjung KFC masih belum memiliki perubahan perilaku sepenuhnya untuk tidak lagi menggunakan sedotan plastik.

Kata Kunci: Kampanye, Kampanye #Nostrawmovement, Tanggapan, Pesan, Media, Sikap

Abstract

Public Relations campaigns which often carried out by companies sometimes do not consider its execution. The same goes for the #Nostrawmovement Campaign implemented by KFC Indonesia. It is important to know whether the campaign can produce effects of KFC visitors through the implementation of the campaign and its components such as communicator, channel/media and campaign messages. This research was conducted using descriptive methods with quantitative data and the use of positivism paradigm. Data collection techniques are done by distributing questionnaires, interviews, observation and literature study.The results of this study indicate that KFC has good corporate credibility in the eyes of visitors. Channels or media used in the #Nostrawmovement Campaign are considered not too communicative and interesting because of the elements in posters and videos. Campaign posters need to be improved in terms of design, size and placement because they are considered unattractive and not easy to read while the campaign video has an inaudible voice resulting only a small amount of visitors know about the existence of the video. Even so, the message conveyed in the campaign is considered good, it can be understood and considered relevant to the current environment situation.Campaign effects occur in changes of the cognitive and affective aspects on visitors about #Nostrawmovement Campaign, use of plastic straws and environmental cleanliness. In the conative aspect, KFC visitors still do not have a complete behavior change to stop the usage of plastic straws.


Keywords: Campaign, The #Nostrawmovement campaign, Response, Messages, Media, Attitude

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budhirianto, S. (2016). Sikap Masyarakat terhadap Kampanye Televisi Digital pada Media Televisi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik (JPKOP), 191.

E.P, M. Y. (2017). Sikap Pengendara Surabaya Mengenai Pesan Kampanye SAFE STEPS:Road Safety Melalui Iklan Layanan Masyarakat Versi Distracted Driving. Jurnal e-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 3.

Keller, P. K. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13 Jilid ke 1. Jakarta: Indeks.

Komputer, W. (2018). Kreatif Membuat Desain Periklanan dengan CorelDRAW dan Adobe Photoshop. Yogyakarta: Andi Offset.

Rakhmat, J. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman dkk, A. S. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Seftia Rahmaning Tyas, H. H. (2017). Manajemen Kampanye Eliminasi Kaki Gajah dalam Upaya Peningkatan Kesehatan di Kabupaten Bogor. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Hubungan Masyarakat, 59.

Setiawan, B. (2018). Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 112.

Sugianto, A. (2018). Kampanye Public Relations dalam Membentuk Sikap Positif Khalayak. Jurnal Lensa Mutiara Indonesia , 52.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dala Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015