PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR

Haryadi Mujianto

Abstrak


Abstrak

Youtube adalah jaringan media sosial yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini. Dalam konteks pembelajaran, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media ajar. Hal ini disinyalir dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam belajar Public Speaking, menganalisis bagaimana minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar Public Speaking dan menganalisis seberapa besar pemanfaatan Youtube sebagai media ajar berperan dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa dalam belajar Public Speaking. Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan menelaah kausalitas antar variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Metode deskriptif bertujuan untuk melakukan pengujian gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan penelitan yang dilakukan. Sedangkan metode penelitian verfikatif bertujuan untuk melakukan perkiraan (estimate) dan pengujian hipotesis (testing hypotesis). Dalam melakukan pengujian hipotesis penulis menggunakan uji t. Sedangkan alat statistik berupa regresi, korelasi, dan determinasi dilakukan melalui program SPSS for Windows 20, dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pemanfaatan Youtube sebagai media ajar berperan positif secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa. Youtube juga memiliki peranan positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada alpha 5%.

Kata Kunci: Minat Belajar; Motivasi Belajar; Youtube

Abstract

YouTube is the most popular social media network today. In learning, YouTube can be utilized as one of the teaching media. This is allegedly can increase student interest and motivation. The formulation of the problem in this research is to analyze how the perception of students to the use of YouTube as a teaching medium in learning Public Speaking, analyzing how the interest and motivation of students in learning Public speaking and analyzing how big the use of YouTube as media teaching role in improving interest and motivation learn students learn Public Speaking. This research uses explanatory research methods with descriptive and verification approach. Explanatory research is a study that aims to examine the causality between variables that explain a phenomenon. Descriptive method aims to perform testing a fairly clear picture of the object under study and draw conclusions for research conducted. While the method of verification research aims to perform estimation (estimate) and hypothesis testing (testing hypothesis). In testing, hypothesis writers use t test. While the statistical tools of regression, correlation, and determination done through the program SPSS for Windows 20, by first doing the classical assumption test that includes the test of normality, autocorrelation, multikolinearitas, and heteroskedastisitas. The results showed that the use of YouTube as a medium of teaching poses a significant positive effect on the increase of student learning interest. YouTube also has a much positive role to increase student's motivation to learn at alpha 5%.

Keywords: Student's Motivation; Student Learning Interest; Youtube

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Khodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta..

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno B. Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zulganef. (2008). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Artikel Jurnal:

Iwantara, I.W., Sadia, I.W., dan Suma, I K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4 Tahun 2014.

Artikel media online:

Yusuf, O. (2018, Mei 4). Berapa Banyak Orang yang Menonton YouTube Setiap Harinya?. Kompas. Diperoleh dari https://tekno.kompas.com/read/2018/05/04/14250087/berapa-banyak-orang-yang-menonton-youtube-setiap-harinya-.

Dwi Prihadi, Susetyo. (2015, Februari 15). Youtube dalam Angka-Angka. CNN Indonesia. Diperoleh dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150214143544-185-32127/youtube-dalam-angka-angka

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Farid, Cepi Saepul. ( 2017). Pengaruh Pemanfaatan Program Keagamaan pada Youtube terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015-2016. Tesis. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia..

Augusta, Gardenia. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Motivasi Belajar. Skripsi. Universitas Sanata Dharma,Yogyakarta, Indonesia.

Sianipar, Aritas Puica. (2011). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jk.v5i1.588

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.1234/jk.v5i1.588.g566

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015