STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN KEPULAUAN TALAUD-SULAWESI UTARA

Christian Tulis, Lina Sinatra Wijaya

Abstrak


Abstrak

Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu Kabupaten perbatasan di Indonesia bagian utara khususnya di Provinsi Sulawesi Utara. Sebagai daerah kepulauan, Talaud memiliki berbagai tujuan wisata yang sangat potensial menjadi leading sector dalam menggerakkan seluruh sektor lainnya dan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi marketing Public Relations (MPR) yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Talaud dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumen dan bahan statistik, serta observasi. Narasumber utama adalah Kepala Dinas dan Kepala Bagian Pariwisata dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event merupakan program utama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan tahun 2016/2017, kendala utama publication adalah sumber daya manusia dan ketersediaan jaringan internet, sedangkan news, Public Service Activity dan identity media perlu dimaksimalkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi strategi MPR sebagai strategi promosi.

Kata Kunci: Strategi; Marketing Public Relations; Wisatawan; Talaud

Abstract

Talaud islands regency is one of the border districts in northern Indonesia, especially in North Sulawesi Province. As an archipelago, Talaud has a variety of potential tourist destinations which can become the leading sector in driving the other sectors which support the turism in North Sulawesi and even in Indonesia. The purpose of the research is to know the marketing public relations (MPR) strategy held by the Tourism and Culture Department of Talaud Islands Regency in increasing the number of tourists in 2016/2017. This is a descriptive qualitative research that uses interview, documents & statistic, and observation for gathering the data. The target of this research is the head of the Tourism and Culture Department of Talaud Islands Regency and the head of the tourism and marketing division. The result of the research shows that holding events is the main program in increasing the tourist in 2016/2017. The obstacles for having publication were lack of human resources and internet connection availability, while news, public service activity and identity media needs to be maximized by planning, implementing and evaluating the implementation of MPR strategy as promotion strategy.

Keyword: Strategy; Marketing Public Relations; Traveler; Talaud

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Agustina, Heriyani. Nurfalah, Farida dan Sutopo, Popo. (2012). Makna Logo sebagai Cerminan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif pada Logo Cirebon Televisi), Prosiding Seminar Nasional. (Online), Vol. 4, No.1, (http://komunikasi.unsoed.ac.id. diakses tanggal 08 Agustus 2018).

Almira, Septika, Khairunnisa dan Suharyanti. (2014). Implementasi Strategi Marketing Public Relations dalam Pengelolaan Citra Merek, Journal Communication Spectrum (Online) Vol.4 No.1, (http://journal.bakrie.ac.id. diakses tanggal 07 Agustus 2018).

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations-Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Talaud. (2017). Statistik Daerah Kabupaten Talaud 2017: Katalog 1102001.7104, (https://talaudkab.bps.go.id. Diakses tanggal 17 September 2018).

Butterick, Keith. (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chatamallah, Maman. (2008). Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus Dengan Pendekatan “Marketing Public Relations di Provinsi Banten. Mediatour: Jurnal Komunikasi. (Online) Vol.9, No. 5, (https://ejournal.unisba.ac.id. diakses tanggal 09 April 2017).

Jefkins, F, Yadin, D. (2004). Public Relations, Edisi 5, Jakarta: Penerbit Airlangga.

Koondoko, Yovanca. Putra, I Nyoman Darma dan Paturusi, Syamsul Alam. 2017. Pengembangan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara, Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). (Online), Vol.4, No.1, (https://ojs.unud.ac.id. diakses tanggal 26 November 2017).

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15th Edition, New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lattimore, Dan. Baskin, Otis. Heiman, Suzette, T. dkk. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik, Jakarta: Penerbit Salembah Humanika.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Onggo, Bob, Julius. (2004). Cyber Public Relations, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rinaldi, Rudi. (2012). Analisis Kualitas Layanan Publik (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumetra Utara), Jurnal Administrasi Publik. (Online), Vol.1, No.1, (http://id.portalgaruda.org. Diakses tanggal 08 Agustus 2018).

Ruslan, Rosady. (2001). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi), Jakarta: PT Raja Granfido.

Sulaksana, Uyung. (2003). Tomato: Integrated Marketing Communications, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastri, Fitri dan Saleh, Gunawan. (2017). Aktifitas Marekting Public Relations (MPR) dalam Meningkatkan Pelanggan (Studi pada The baliview Luxury Villas Pekanbaru), Jurnal Communiverse Vol.3 No.1, (http://jurnal.univrab.ac.id. diakses tanggal 08 Agustus 2018).

Swastha, Basu dan Irawan. (2009). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offseto.

Yoeti, Oka, A. (2013). Pemasaran Pariwisata: Tourism Marketing, Edisi Revisi, Bandung: Penerbit Angkasa.

Wibowo, L.A. (2008). Modul Usaha Jasa Pariwisata: Diasajikan pada Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Bidang Keahlian Manajemen Bisnis. (Online) (Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fpips/Prodi._Manaj._Pemasaran_Wisata/Lili_Adiwibowo/Makalah@Lili_Adi_Wibowo/Usaha_Jasa_Pariwisata@Lili_Adi_Wibowo.Pdf, Diakses Tanggal 12 September 2018).

Wijaya, L.S. dan Krismiyati. (2013). Identifying Marketing Public Relations Strategies Implemented in Private University For Increasing Students Intake in Central Java-Indonesia, ResearcersWorld: Juournal of Arts, Science & Commerce (Online) Vol.4, (http://www.researchersworld.com. diakses tanggal 08 Agustus 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/jk.v5i1.586

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.1234/jk.v5i1.586.g564

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015