STRATEGI KAMPANYE PADA PROSES SOSIALISASI PROGRAM PENDIDIKANDAN PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN SUBANG

Nur’aeni -

Abstrak


Abstrak

Penelitian dilakukan di PAUD Bina karya desa cupunagara kecamatan cisalak kabupaten Subang. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kampanye program PPAUD melalui sosialisasi yang di lakukan oleh tim pengelola kegiatan dari awal sampai akhir. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan obyektif. Teori yang digunakan yaitu model komponensial dengan Pertanyaan penelitian : 1) Bagaimana menetapkan sumber kampanye program PPAUD? 2) Bagaimana merancang pesan kampanye pada proses sosialisasi program PPAUD? 3) Bagaimana saluran yang digunakan dalam kampanye pada proses sosialisasi program PPAUD? Jenis variabel ini dilakukan karena penelitian ini deskriptif. Peneliti tidak melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan tidak melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Peneliti hanya menggambarkan gejala atau fenomena dari satu variabel yang diteliti tanpa menjelaskan hubungan-hubungan yang ada. Peneliti menemukan bahwa kegiatan kampanye dalam mensosialisasikan program PPAUD ada 3 aspek yaitu pertama aspek strategi dalam menetapkan sumber kampanye, kedua aspek merancang pesan kampanye, dan yang ketiga aspek saluran yang digunakan dalam kampanye. Hasil penelitian adalah model integratif yang meliputi pertama pra persiapan meliputi: Rapat TPK, pembentukan tim khuus kampanye, pengukuhan /pelantikan tim. Kedua persiapan yang dilakukan di setiap kegiatan meliputi:perancangan strategi kampanye, perancangan time line program dan ketiga pelaksanaan kampanye dalam proses sosialisasi pada program PPAUD yang dilakukan melalui 2 saluran yaitu saluran antarpribadi dan saluran media masa.

Kata kunci: Strategi; Kampanye; Sosialisas;, PAUD

Abstract

The study has conducted in early chilhood work at Bina village disricts Cupunagara Cisalak Subang.The man objective of this study has determined how the implementation proces of PPAUD program,trough awarness campigns undertaken by management activities from beginning to end. The method used has descriptive study with an adjective approach.The theory used is the models komponensial with research questions;1).How to set a campaign source PPAUD program? 2) How to design a campaign message on PPAUD socialization prosess? 3) How does the channel used in the campaign PPAUD sosialization process?This techique use descriptive study. Researchers did not do the calculation to answer the problem formulation and not do the the calculation to test the hypotheses hat have been proposed. Researchers only describe symptomsor phenomena of the variables studied without explaning the relationship that exist. Reaserchers found that the campaign activities in disseminating the program PPAUD there are 3aspect: the first aspect in determining the source of campaign strategy, the second aspect of designing the campaign message,and the third aspec of the chanels used in the campaign. Result of the study are: the first integrative model that includes preparation include: Meeting TPK, team building campaign, inauguration/swearingteam. Both preparations were performedin each activity include:designing a camaign strategy, design time and the third line of the campaign programs in the socialization process PPAUD program conducted through two channels,namely channels of interpersonal and mass media channels.

Keywords: Strategy; Campaign; socialization; PAUD

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia, Jakarta : Professional Books.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Kuswarno, Engkus 2008. Etnografi Komunikasi. Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya, Bandung : Widya Padjadjaran

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2008. Kampanye Public Relations. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Venus, Antar 2004. Manajemen Kampanye, Bandung: Simbiosa Mekatama Media.

Cangara, Hafield. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Surachmad, W. 1982. Pengantar Penelitian. Bandung. Tasito

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif :Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Edisi 2. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Poerwadarminta. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i2.563

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i2.563.g542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015