ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAJALAH INDONESIA GEMSTONE TERHADAP OPINI PUBLIK TENTANG BATU AKIK DI GARUT

Haryadi Mujianto

Abstrak


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keputusan pembelian pada Majalah Indonesian Gemstone terhadap Opini Publik tentang Batu Akik di Garut. Metode penelitian yang di gunakan oleh penulis adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah pecinta batu akik yang suka membaca Majalah Indonesian Gemstone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Majalah Indonesian Gemstone Terhadap Opini Publik Tentang Batu Akik di Garut adalah memberikan pengaruh yang signifikan positif pada aspek Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Hasrat), Decision (Keputusan), Action (Tindakan). Maka besar Attention (perhatian) pembaca majalah Indonesian Gemstone terhadap opini publik tentang batu akik sebesar 29%, besar interest (minat) pembaca majalah Indonesian Gemstone terhadap opini publik tentang batu akik sebesar 15%, besar Desire (hasrat) pembaca majalah Indonesian Gemstone terhadap opini publik tentang batu akik sebesar 28%, besar Decision (keputusan) pembaca majalah Indonesian Gemstone opini publik tentang batu akik terhadap majalah Indonesian Gemstone sebesar 14%, dan besar Action (tindakan) pembaca majalah Indonesian Gemstone terhadap opini publik tentang batu akik sebesar 14%.

Kata kunci: Keputusan Pembelian; Majalah Indonesian Gemstone; Opini Publik; Batu akik


Abstract

The purpose of this study was to analyze the purchasing decisions of the Gemstone Indonesian magazine Public Opinion about the Arkenstone in Garut. The research method used by the author is a quantitative approach to data collection techniques, namely, interviews, questionnaires, and literature. Subjects in this study is the agate lovers who love to read Gemstone Indonesian magazine. The results showed that the Indonesian magazine Gemstone Effect Of Public Opinion On Agate in Garut is a significant influence on the positive aspects of Attention (Caution), Interest (Interests), Desire (Desire), Decision (Decision), Action (action). So great Attention (attention) magazine readers Indonesian Gemstone against public opinion about the agate of 29%, a large interest (interest) magazine readers Indonesian Gemstone against public opinion about the agate of 15%, a big Desire (desire) magazine readers Indonesian Gemstone against opinions public about the agate of 28%, a large decision (decision) magazine readers Indonesian Gemstone public opinion about the agate of the magazine Indonesian Gemstone by 14%, and a great Action (action) magazine readers Indonesian Gemstone against public opinion about the agate of 14%.

Keywords: Purchase Decision; Indonesian magazine Gemstone; Public Opinion; Agate

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardianto, Komala dan Karlina (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Azwar, Saifuddin (2003) Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Cangara, Hafied (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi PT Raja Grafindo Persada.Jakarta

Djalaludin Rakhmat, M.Sc (2009). Psikologi Komunikasi.PT.Remaja Rosda karya. Bandung.

Effendy, Onong Uchjana (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung

Iqbal Hasan (2004), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Penerbit PT. Bumi Aksara, Yogyakarta.

Kriyantono Rachmat (2009), Teknik Praktis Riset Komunikasi, PT.Kencana Prenada Media Goup, Jakarta.

Liliweri, Alo (2004). Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Morissan, Andy Corry, Farid Hamid (2010), Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia. Bogor.

Romli, Asep Syamsul M (2008). Jurnalistik Praktis Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Singarimbun, M. dan Effendi, S., (2006), Metode Penelitian Survey, Cetakan Kedelapanbelas, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.

Sugiyono (2012), Metode Penelitiaan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sumarno (1990), Opini Publik, Liberty, Yogyakarta.

Sumber Lain :

(http://www.stumbleupon.com/content/2Gyjpl/comments)

(http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37809)

(http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/7324)

(http://dwiinirvanab0849494.blogspot.com)

(www.Okezone.com)

http://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian-opini-publik.html

related:e-journal.uajy.ac.id/1917/2/1KOM02945.pdf journal tentang opini publik




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i2.562

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i2.562.g541

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015