PEMBINGKAIAN BERITA KPK VS POLRI

Teni Gustriani, Heri Hendrawan, Hanny Latifah

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kasus KPK VS Polri yang diberitakan oleh Harian Kompas dalam membingkai berita dengan melihat Bagaimana Harian Kompas menyusun fakta, mengisahkan fakta, menulis fakta dan menekankan fakta terkait pemberitaan KPK VS Polri. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bagaimana media menyusun fakta, mengisahkan fakta, menulis fakta dan menekankan fakta terkait pemberitaan KPK VS Polri. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Framing Pan dan Kosicki. Dengan menggunakan metode analisis Framing ini berita ini dikelompokkan dan dijabarkan dengan 4 aspek besar yaitu aspek Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori kontruksi social sebagai landasan teori. Objek penelitian 4 berita yang dimuat oleh HarianKompas. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan teknik wawancara semistuktur dan studi dokumentasi, serta pengambilan informan dengan menggunakan Purposif Sampling. Hasil penelitian bahwa dalam membingkai sebuah berita Harian Kompas ini melakukan keberpihakan media yaitu membela KPK, bila dilihat dari aspek stuktur (sintaksis) yaitu cara penyusunan fakta Harian Kompas tidak berimbang dengan membela KPK atau menjatuhkan Polri jika dilihat dari stuktur (skrip) atau pengisahan fakta Harian Kompas ini dilihat dari kelengkapan berita yang masih kurang mengindikasikan ada penonjolan isu, kemudian dilihat dari stuktur (tematik) disini juga terlihat sekali keberpihakan Kompas dilihat dari paragraf dan hubungan antarkalimat, selanjutnya adalah stuktur (retoris) penekanan fakta yang digunakan adalah dengan menggunakan foto atau gambar serta pernyataan yang menguatkan berita tersebut. Ini disesuaikan dengan fakta yang terjadi dilapangan dan dikuatkan dengn pernyataan dari beberapa ahli dalam setiap pemberitaan.

Kata Kunci : Pembingkaian; Berita KPK VS Polri; Harian Kompas; Pan dan Kosikci


Abstract

This research is motivated cases VS KPK Police reported by Kompas in framing the news by looking How Kompas compile facts, tells the facts, write the facts and stressed the fact related to news VS Police Commission. The goal is to explain how the media compile facts, tells the facts, write the facts and stressed the fact related to news VS Police Commission. The method used is the analysis of Pan Framing and Kosicki. By using this method of analysis Framing this news grouped and translated at four major aspects namely the aspect of syntax, script, thematic, and Rhetorical. This study used a qualitative approach using the theory of social construction as a theoretical basis. The object of research 4 news published by HarianKompas. While data collection techniques used were interviews with semistuktur interview techniques and documentation, as well as taking informants by using purposive sampling.The research concludes that in framing a news Kompas This partiality media that defend the Commission, when viewed from the aspect of structure (syntax) that is the way the preparation of the fact Kompas not balanced with defending the Commission or dropping the Police when seen from the structure (scripts) or recounting facts Daily compass is seen from the completeness of the news is still not indicate there is highlighting the issue, then the views of structures (thematic) here is also visible once alignments compass views of paragraphs and the relationship antarkalimat, next is the structure (rhetorical) emphasis on the fact that use is to use photos or images as well as statements that corroborate that story. It is adjusted to the fact that occur in the field and with less corroborated statements from several experts in every proclamation.

Keywords: Framing; News KPK Police VS; Kompas; Pan and Kosikci

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alex Sobur,2001.AnalisisTeks Media : Suatu Pengantar Untuk AnalisisWacana,Analisis Semiotika dan Analisis Framing, Remadja Kasrya. Bandung.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati komala,2004,Komunikasi Massa Suatu Pengantar: Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Barus, Sedia Willing. 2011. Jurnalistik:Petunjuk Teknik Menulis Berita.

Jakarta : Penerbit Erlangga.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Perspektif Mikro: Grounded theory, Fenomenologi, Etnometodologi, Etnografi, Dramaturgi, Interaksi Simbolik,

Hermeneutik, Kontruksi Sosial, Analisis Wacana, dan metodologi Refleksi,

Surabaya: Insan Cendikia.

Burhan Bungin,2001.ImajiMedia Massa (Kontruksi Media dan Makna Realitas

Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik): Jendela.Yogyakarta.

Cangara,Harfied.2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Effendy,Onong Ucjhana.2004.Pengantar Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Elvinaro, Ardianto 2011.Metode Penelitian Untuk Public Relations :Kuantitatif dan Kualitatif.Simbiosa Rekatama Media. Bandung

Eriyanto, 2012. Analisis Framing: Konstruksi, ideologi dan politik media.Yogyakarta: LKIS Group.

Kriyantono, Rahmat . 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Group.

Jakarta.

Moleong ,Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif .Remaja Rosda Karya. Bandung

Tambukara Apriadi, 2013 Literasi Media.: Rajawali Pers. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i1.555

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v2i1.555.g534

Refbacks





ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015