STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KAMPUNG SAMPIREUN RESORT & SPA

Rosanti Utami Dewi Sy, Susi Susilawati

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi di mana pariwisata sudah menjadi salah satu sector yang sangat menjanjikan dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Tempat pariwisata di Indonesia saat ini makin berkembang, dari mulai kota besar sampai di daerah. Semakin banyak tempat pariwisata yang menawarkan berbagai fasilitas semakin kuat pula persaingan yang ada, seperti halnya Kampung Sampireun yang terletak di Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menemukan tentang bentuk strategi komunikasi Kampung Sampireun di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yakni peneliti terjum ke lapangan secara langsung dengan tidak bermaksud menguji teori sehingga perspektipnya tidak tersaring. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampong Sampireun melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan menerapkan teori Customer Relationship Management (CRM). Komunikasi yang dilakukan dibagi menjadi dua komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, pemasaran yang dilakukan melalui (media social, media elektronik, dan media cetak), sedangkan pelayanan yang dilakukan menggunakan Personal Touch.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi; Pemasaran; Kampung Sampireun



Abstract


This research is motivated where tourism has become one of the most promising sectors in the economic development of Indonesian. The place of tourism in Indonesian is growing, ranging from big cities to the area. More and more tourist place offers a wide range of competition the more powerful it there, as well as Kampung Sampireun located in Kampung Ciparay, Sukakarya Village, Discrict Samarang. The purpose of the research is to explain and find out about the communication strategy Sampireun village in Garut. Research methods used in this research is descriptive qualitative method, the researchers went into the field directly with not intend to test the theory that perspective is not filtered. While data collection techniques used in this study were participant observation, in-depth interviews, and documentations study. The result showed that the village Sampireun do marketing communicaton strategy by applying the theory of Customer Relationship Management (CRM). Communications is done is divided into two communication of verbal and non-verbal communication, marketing is done through (social media, electronic media and print media), while he services carried out using a Personal Touch.

Keyword: Communication Strategy; Marketing; sampireun Village

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Medias.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel. Bandung: Alfabeta

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Miles, Matthew B & Huberman, A Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif,terjemah, Rohidi. Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J.2011.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Neuman, W.L. 2000. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative

Approaches. Boston: A Person Education Company.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Komunikasi Yang Kreatif.PT. GramediaPustaka Utama.

Ruslan, Rodady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.531

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v1i2.531.g509

Refbacks





ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015