KREDIBILITAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN IMPLEMENTASI KAWASAN EKONOMI KHUSUS KOTA BATAM

Sholihul Abidin, Ageng Rara Cindoswari, Sukadamai Gea

Abstrak


Abstrak. Kebijakan pembangunan ekonomi di Kota Batam mengalami perubahan dari FTZ ke KEK. Hal ini jelas mempengaruhi masyarakat untuk mengetahui tentang perubahan apa saja yang terjadi terkait implementasi kebijakan. Media massa menjadi sarana informasi yang strategis baik bagi pemangku kebijakan dalam menyampaikan informasi maupun masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Publik dalam mengkonsumsi informasi maupun pemberitaan media massa memiliki indikator utama yaitu kredibilitas pemberitaan.Kredibilitas media massa menjadi aspek utama yang harus dimiliki oleh instansi media massa. Kepercayaan publik terhadap suatu pemberitaan sangatlah dipengaruhi oleh faktor kredibilitas media massa terkait. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kredibilitas harian Batam Pos, Tribun Batam, Koran Sindo, Haluan Kepri dan Pos Metro.Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan paradigma kuantitatif dan metode survei.Penelitian eksploratif merupakan kegiatan penjelajahan suatu permasalahan/topik untuk memahami permasalahan/topik tersebut. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang diperoleh dengan mengukur nilai satu atau lebih variabel dalam sampel. Lokasi dan objek penelitian dipilih secara purposive (sengaja) dimana Kota Batam merupakan kota yang diberikan keistimewaan status kawasan yakni KEK. Berdasarkan temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa media cetak Haluan Kepri berada pada kategori media massa yang memiliki kredibilitas sangat tinggi. Batam Pos, Tribun Batam dan Koran Sindo berada pada kategori kredibilitas tinggi. Sedangkan Pos Metro berada pada kategori kredibilitas sedang.

Kata Kunci: Kredibilitas, Media, Berita, Implementasi KEK,


Abstract. The policy of economic development in Batam City has changed from FTZ to KEK. This clearly affects the public to know about any changes that occur regarding the implementation of the policy. Mass media becomes a strategic information tool for both stakeholders in conveying information and the public in consuming information. Public in consuming information and mass media coverage have the main indicator that is credibility of news. Credibility of mass media become main aspect that must be owned by mass media institution. Public confidence in a report is influenced by the credibility factor of the related mass media. The purpose of this research is to know the level of daily credibility of Batam Pos, Tribun Batam, Koran Sindo, Kepuan Kepri and Pos Metro.Jenis This research is explorative research with quantitative paradigm and survey method. Explorative research is explorative activity of a problem / topic to understand the problem/topic The. Quantitative research is a study obtained by measuring the value of one or more variables in the sample. Location and object of research is selected purposively (deliberately) where Batam City is a city given the privilege of region status that is KEK. Based on the findings of research results indicate that print media Kepuan Kepri is in the category of mass media that has very high credibility. Batam Pos, Batam Tribun and Koran Sindo are in the category of high credibility. While Post Metro is in the category of moderate credibility.

Keyword : Credibility, Media, News, Implementation of KEK

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Arifin, Anwar.2010. Opini Publik. Depok : Gramata Publishing.

Bungin. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Djuroto, T. 2000. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung : Remaja Rosdakarya

Flanagin, A.J., Metzger, M.J. 2000. Perceptions of Internet Information Credibility Massachusetts: Journalism & Mass Communication.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Group.

McQuail, Dennis. 2009. Mass Communication Theory. London : Stage Publication, Ltd.

Mondry.2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik.Bogor : Ghalia Rosdakarya

Nurudin, M.Si. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Purba, PandapotanT. 2015. Bappenas Call For Paper And International Conference, Implementing Nawacita: Strategies And Policies, April-Agustus201.5

Putri, Dianingtyas Murtanti. Peran Media Online Dalam Pembangunan Provinsi Banten Journal Communication Spectrum. 2013.

Renzulli, Ardha. Thesis. Hubungan Faktor Kredibilitas Media Terhadap Aktivitas Akses Berita Online Berdasarkan Segmentasi Psikografis. Universitas Indonesia. 2012.

Riduwan. 2010. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tawaang, Felix. Agenda Media Suratkabar (Analisis Isi Suratkabar Ibukota)/Newspapers Media Agenda (The Capital Newspapers Content Analysis), Peneliti Bppki Jakarta Badan Litbang Sdm Kementerian Kominfo Ri, Jp Komunikasi, 2015.

Widodo, Rachmat. Skripsi. Kredibilitas Pemberitaan Pada Portal Berita Online Vivanews.Com. UNDIP. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.252

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.252.g269

Refbacks





ISSN : 2461-0836
E-ISSN : 2580-538X

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 544-217

Email : fikom@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015