PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMAN AYAM BROILER

Andri Hendriana Titin Nurhayatin, dan Ibrahim Hadist

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung kunyit (Curcuma domestica) dalam ransum terhadap performan ayam broiler, penelitian ini dilaksanakan di kampung Cihuni Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut Selama 5 (lima) minggu. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dengan masing-masing perlakuan diulang 3 kali, adapun perlakuannya sebagai berikut : R1 = Ransum Tanpa tepung kunyit + air minum tanpa vitachick,. R2 = Ransum tanpa tepung kunyit + Air minum dengan vitachick, R3 = Ransum + 0,2 % Tepung Kunyit, R4 = Ransum + 0,4 % Tepung Kunyit, R5 = Ransum + 0,6 % Tepung Kunyit, R6 = Ransum + 0,8 % Tepung Kunyit, dan peubah yang diukur meliputi : konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, konsumsi air minum serta mortalitas, kemudian dilakukan analisis ragam pada data peubah yang diukur dan bila hasil sidik ragam menunjukkan pengaruh perlakuan memberikan perbedaan yang nyata terhadap peubah yang diukur, maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Adapun hasil penelitian menunjukkan pengaruh perlakuan memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap pertambahan bobot badan (P<0.05), tetapi tidak memberikan perbedaan yang nyata (P>0.05) terhadap konsumsi ransum (g), konversi ransum serta mortalitas. Hasil Uji jarak berganda Duncan terhadap pertambahan bobot badan adalah sebagai berikut : Perlakuan R6 dan R5 memberikan pertambahan bobot badan terbesar namun antara R5 dan R6 tidak berbeda nyata, tetapi berbeda nyata (P<0.05) terhadap perlakuan R1 sampai R4, namun antara Perlakuan R1 sampai R4 tidak berbeda nyata.

Kata kunci: kunyit, ransum, performa, broiler

Teks Lengkap:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v2i2.442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.