FORMULASI SEDIAAN GEL HAND SANITIZER EKSTRAK ETANOL KULIT JERUK MANIS (CITRUS X AURANTIUM L.) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS

Nurul Auliasari, Nopi Rantika, Adita Yuliarti

Abstrak


Kulit buah jeruk manis (Citrus x aurantium L.) memiliki kandungan senyawa flavonoid, steroid, terpenoid, alkaloid, tanin dan saponin. Kulit buah jeruk manis aktif sebagai antibakteri dan antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ekstrak kulit buah jeruk manis yang memiliki aktivitas antibakteri paling baik terhadap bakteri Staphylococcus epidermidis dan memformulasikan kedalam sediaan gel hand sanitizer. Kulit buah jeruk manis maserasi dengan pelarut etanol 96%. Kulit buah jeruk manis yang sudah di ekstraksi di buat menjadi sediaan gel hand sanitizer yang berbahan aktif Carbopol 940 dengan konsentrasi ekstrak 5%, 10% dan 15% kemudian dilakukan pengujian organoleptik, homogenitas, viskositas, pH, uji iritasi, uji kesukaan dan pengujian aktivitas antibakteri dengan menggunakan metode disc diffusion (Tes Kirby & Bauer). Hasil pengujian mutu sediaan sudah memenuhi syarat. Hasil dari pengujian aktivitas antibakteri dilihat dari adanya area jernih yang mengindikasi adanya hambatan pertumbuhan bakteri, pada konsentrasi 15% menunjukan daya hambat kuat dengan diameter 17,9 mm.

Kata kunci: Ekstrak Kulit Buah Jeruk Manis, Gel Hand Sanitizer, Antibakteri, Staphylococcus epidermidis.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No 42B Tarogong Kaler Garut Jawa Barat

(0262) 540007

(0262) 544-217

Email : farmakobahari.farmasi@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Farmako Bahari Universitas Garut Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supervised by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015