AKTIVITAS SITOTOKSIK FRAKSI ETIL ASETAT DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDUKSI APOPTOSIS PADA SEL KANKER PAYUDARA T47D

Riza Apriani, Shabarni Gaffar, Tati Herlina

Abstrak


Tanaman kelor (Moringa oleifera) adalah salah satu tanaman yang telah banyak digunakan dalam industri pengobatan tradisional. Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa ekstrak daun M. oleifera memiliki aktivitas antiproliferatif pada beberapa sel kanker, di antaranya terhadap sel kanker hati HepG2, sel kanker paru A549, sel kanker kolon Caco-2 dan sel kanker payudara MDA-MB-231, namun penelitian terhadap sel kanker payudara T47D belum dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antikanker daun M. oleifera terhadap sel kanker payudara T47D. Ekstrak daun M. oleifera diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan pelarut etanol, kemudian difraksionasi dengan pelarut n-heksana dan etil asetat. Uji sitotoksik yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode MTT assay. Pengujian terhadap induksi apoptosis dilakukan dengan metode pewarnaan Annexin V-PI dan dianalisis dengan flow cytometry. Kajian molekular juga dilakukan melalui pengamatan protein regulator apoptosis, yaitu Bcl-2 dengan metode imunositokimia. Berdasarkan hasil dari MTT assay, sel T47D yang diberi perlakuan dengan fraksi etil asetat daun M. oleifera menunjukkan aktivitas medium sebagai antikanker dengan nilai IC50 sebesar 243,58 μg/mL. Pengujian terhadap apoptosis menunjukkan bahwa fraksi etil asetat daun M. oleifera dapat menginduksi apoptosis. Hasil pengamatan dengan imunositokimia menunjukkan bahwa pemberian fraksi etil asetat daun M. oleifera mampu menurunkan ekspresi protein Bcl-2.

Kata kunci: Apoptosis, Moringa oleifera, kanker payudara, sel T47D

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS GARUT

Jalan Jati No 42B Tarogong Kaler Garut Jawa Barat

(0262) 540007

(0262) 544-217

Email : fmipa@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Farmako Bahari Universitas Garut Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Supervised by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015