“Keinginan atau Kebutuhan?â€: Analisis Perilaku Impulsif dalam Pembelian Kosmetik Natural Online dari Aspek Eksternal dan Situasional

Nadhifah Adinda Salsabila, Lidia Mayangsari

Abstract


Kosmetik natural merupakan salah satu produk di industri kecantikan yang menggunakan bahan alami dan terus berkembang di pasar karena didukung oleh tren konsumen yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Industri kosmetik mencuri banyak perhatian dari banyak pihak sehingga mengalami transformasi yang signifikan dan harus menghadapi tantangan baru karena teknologi terus berkembang mengikuti tren saat ini. Perubahan transformasi yang signifikan merubah para pelanggan dari industri ini bergeser dari belanja secara fisik menuju ke media elektronik. Hal tersebut menciptakan perilaku pembelian impulsif baru di sektor daring. Dalam industri kosmetik, sebagian besar pembeli impulsif adalah Generasi Z, yaitu generasi yang cerdas secara digital dan mencari cara paling cepat untuk membeli. Pembelian impulsif dapat terjadi karena dipengaruhi oleh respons kognitif dan afektif dari pembeli. Respons impulsif pembeli ini dipicu oleh faktor eksternal dan situasional. Faktor eksternal mencakup promosi dan referensi dari orang terdekat. Sementara itu, faktor situasional terkait dengan ketersediaan waktu dan uang. Melihat kondisi ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor signifikan pada perilaku pembelian impulsif terhadap kosmetik alami di kalangan wanita Generasi Z, dengan rentang umur 18-24 tahun. Penelitian ini menggunakan kuesioner survei daring yang diberikan kepada 201 responden dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal dan faktor situasi memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif online tetapi faktor situasional memiliki dampak yang lebih kuat dibandingkan dengan faktor eksternal. Temuan ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan yang efektif strategi pemasaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v19i3.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015