Pengaruh Gender Diversity Dewan Direksi dan CEO terhadap Nilai Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Pembangunan Di Indonesia

Dillas Ligar Ramdhania, Elia Yulia, Farah Margaretha Leon

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh keberadaan direktur wanita dan CEO pada manajemen tingkat atas pada perusahaan BUMN dan NSOE. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang property, real estate dan development yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan tahun penelitian 2016-2018. Ada 37 perusahaan yang terdaftar di BEI yang dijadikan sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi berganda dengan metode OLS (ordinary least square). Nilai perusahaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Tobin's Q. Hasil penelitian menunjukkan bahwa direktur wanita (FDirectors) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, begitu juga dengan CEO wanita (FCEO). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa FDirectors dan FCEO memiliki pengaruh yang lebih signifikan pada perusahaan Non-BUMN dibandingkan dengan perusahaan BUMN. Implikasi dari penelitian ini adalah agar pengelola keuangan memperhatikan aspek non keuangan yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan pemerintah dapat memberikan kuota yang proporsional untuk mengatasi keragaman gender. Keaslian penelitian ini adalah penelitian ini mengukur perusahaan BUMN dan Non BUMN.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v19i2.891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015