Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Earning Per Share pada Perusahaan Manufaktur Sektor Rokok Kretek yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Desi Lestari, Dida Farida Latipatul Hamdah, Lina Nurlaela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio, return on assets dan current ratio terhadap earning per share periode 2012 sampai 2017. Peneliti menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan sektor rokok kretek yang terdaftar di bursa Indonesia. menukarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan dan penelitian dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda melalui uji F dan uji t serta uji asumsi klasik. Penelitian ini menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan debt to equity ratio, return on assets dan current ratio berpengaruh signifikan terhadap earning per share, sedangkan secara parsial profitabilitas tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap debt to equity ratio dan current ratio tidak. berpengaruh positif atau signifikan terhadap laba per saham. Return on assets berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap earning per share.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jwe.v19i2.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Economics, Garut University

Samarang Street. Number. 52.A Tarogong kaler - Garut West Java 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jwe@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Hotline Jurnal Fakultas Ekonomi : 0821-1770-5966

Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi is an Online Journal of the Faculty of Economics: Scientific Creations and published Research Results Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Download Template :

Visitors :

View My Stats

EISSN/PISSN:

Indexed by:

            

Supported by:

   

Tools :

 

Collaboration :

                

Copyright ©journal.uniga.ac.id 2015