Analisis Positioning Gerai Minimarket Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung (Studi pada Alfamart, Circle K, Indomaret, SB Mart, dan Yomart)

Artarika Permatasari

Abstrak


Adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang menuntut kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya mempengaruhi fenomena pertumbuhan bisnis minimarket. Saat ini di Kota Bandung persaingan minimarket semakin ketat, diantaranya antara Alfamart, Circle K, Indomaret, SBMart, dan Yomart yang terus bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning dari kelima gerai minimarket di Kota Bandung yaitu Alfamart, Circle-K, Indomaret, SB Mart, dan Yomart berdasarkan persepsi konsumen di Kota Bandung. Persepsi konsumen ini diukur dengan enam atribut retail mix antara lain customer service, location, store layout and design, merchandise assortment, communication mix, dan pricing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 390 responden di Kota Bandung. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Multidimensional Scaling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Indomaret menempati posisi pertama yang unggul pada atribut customer service, location, merchandise assortment, communication mix, dan pricing. Alfamart menempati posisi kedua yang unggul pada atribut store layout and design. Selanjutnya Yomart di posisi ketiga, Circle K posisi keempat, dan SB Mart posisi kelima. Saran yang diberikan, Indomaret dan Alfamart harus terus mempertahankan keunggulan pada atribut yang sudah didapatkan agar tetap memiliki persepsi yang baik di benak konsumen.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


BPS Kota Bandung. (2016). Statistik Daerah Kota Bandung 2016. [18 Februari 2017]

EcommerceIQ. (2016). The Rise of Minimarkets: Indonesia’s Shift Away From Super And Hypermarkets. Retrieved from https://ecommerceiq.asia/snapcart-rise-of-mini-market. [18 Februari 2017]

Hawkins, D.I. & Mothersbaugh, D.L. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (12th ed). New York: McGraw-Hill.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing (15th ed). England: Pearson Education.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2013). Marketing Management (14th ed). England: Pearson Education.

Lakshmi, K.S., Jasim, K.M., Prabhakar, K., and Parveen, S.J. (2017). Brand positioning of ayurvedic medicine in Indian milieu. International Journal of Business Excellence, Vol. 11(1), 16 – 37.

Levy, M. & Weitz, B.A. (2012). Retailing management (8th ed). New York: McGraw-Hill Irwin.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research (6th ed). New Jersey: Pearson Education.

Mohanty, S. (2012). Indian Shampoo Brand Positioning: Multidimensional Scaling Approach. International Journal of Computing and Corporate Research, Vol.2(5).

Prastika, T. (2015). Minimarket Shopping Habit in Indonesia – Survey Report. Retrieved from https://blog.jakpat.net/minimarket-shopping-habit-survey-report. [10 Oktober 2017]

Sari, Y.N. and Subagio, H., (2013). Analisa Pengaruh Retail Mix (Customer Service, Location, Store Design & Display, Merchandise Assortment, Communication Mix, Dan Price) Terhadap Tingkat Kunjungan Di Toko Souvenir Ken N So Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 1(2), 1 – 9.

Sujana, A. (2012). Manajemen Minimarket. Jakarta: Penebar Swadaya Group.

Suwismo, R. (2016). Data Industri Minimarket, Supermarket, Hypermarket di Indonesia. Retrieved from https://duniaindustri.com/data-industri-minimarket-supermarket-hypermarket-di-indonesia. [18 Februari 2017]

Wel, C.A.C., Hussin, S.R., Omar, N.A., Nor, S.M. (2012). Important Determinant of Consumers’ Retail Selection Decision in Malaysia. World Review of Business Research, Vol. 2(2), 164 – 175.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jme@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id


Lisensi Creative Commons
Jurnal Wacana Ekonomi merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Supported by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015